06 Mrt. 2015

Mengenal Tentang Sistem Insulasi Peredam Panas Polyurethane Spray Foam


Peredam panas atau penahan panas Polyurethane Spray Foam  dihasilkan dari campuran dua jenis bahan kimia, yaitu Polyol dan Isocynate. Kedua bahan tersebut diaduk secara bersama-sama dengan mesin spray tekanan tinggi, kemudian dengan dispray gun akan menghasilkan sebuah reaksi dan membentuk Foam atau busa pada permukaan yang sudah disiapkan. Campuran tersebut akan mengembang dalam hitungan detik hingga membentuk sebuah foam yang padat pada permukaan yang dispray. Polyurethane dibedakan menjadi beberapa bentuk, diantaranya adalah busa keras, busa lentur dan elastomers. 
Polyurethane digunakan sebagai bahan penyekat pada gedung, pemanas air, alat transport berpendingin, serta untuk industri maupun rumah tangga. Polyurethane  ini juga digunakan untuk flotation dan pengaturan energi. Sementara itu, busa lentur polyurethane digunakan sebagai bahan pelembut pada karpet serta digunakan sebagai kain pelapis furniture, jok mobil dan kasur. Sedangkan elastomers merupakan polyurethane turunan yang meliputi cast elastomers, Reaction Injection Molded (RIM) dan thermoplastic polyurethane.

Peredam panas jenis ini menawarkan nilai insulasi yang kuat, baik, dan lembut serta mempunyai daya lengket yang sangat baik terhadap berbagai macam bahan, seperti beton, kayu, metal, seng dan lain sebagainya. Selain itu, sifatnya yang ringan tidak banyak memberi beban pada struktur bangunan sehingga sangat cocok untuk insulasi pabrik, shopping center, gudang olahraga, gedung perkantoran, rumah sakit, hotel, rumah, dan berbagai fasilitas lainnya.

Apabila menggunakan penahan panas / peredam panas Spray Polyurethane Foam sebagai insulasi atap, maka akan menghasilkan suhu ruangan yang terasa lebih dingin pada saat musim panas namun tetap terasa lebih hangat pada saat musim dingin sehingga tidak perlu menggunakan kapasitas Air Conditioner (AC) yang berlebihan untuk mendinginkan ruangan dan secara otomatis dapat menghemat pemakaian listrik. Selain itu, bahan peredam panas ini berguna untuk menambah kekuatan sistem atap bangunan, ramah lingkungan, dan mudah diaplikasikan pada posisi yang sulit pada semua jenis bahan bangunan.

Polyurethane Spray Foam mempunyai banyak keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Mampu menutupi semua lapisan, karena dapat melekat dengan baik pada permukaan horizontal maupun vertikal serta mampu bertahan terhadap cuaca ekstrim.
2.      Dapat digunakan pada bentuk yang sulit dan tingkat tembusan yang tinggi. Di sisi lain juga dapat digunakan untuk lapisan tangki, kapal, atap, ruang pendingin dan lain sebagainya.
3.      Sangat efektif untuk mencegah retakan, melindungi terhadap cuaca ekstrim, dan berguna untuk memfasilitasi pengaliran air.
4.      Mampu bertahan hingga   puluhan tahun / seumur bangunan,


5.      Dapat mengurangi pergerakan gedung dan getaran dari gempa bumi.
6.      Memiliki beban yang ringan sehingga tidak banyak menambah beban pada struktur bangunan yang di insulasi.@dt

 www.peredam-panas.com